Minggu, 17 Juli 2022

Puluhan Dirawat gegara Mi Ayam di Lumbirejo, Pesawaran

NEGERI KATON (17/7/2022) -  Setidaknya 43 warga Lumbirejo, Negeri Katon, Pesawaran, dirawat di RSUD Pesawaran dan Puskesmas Roworejo, Sabtu dan Minggu, 17 Juli 2022.  Mereka diduga keracunan mi ayam yang disantap usai yasinan Jumat, 15 Juli.

25 dari warga masih menempati bangsal di Puskesmas Roworejo hingga Minggu Siang. Sembilan orang dirujuk ke RSUD Pesawaran. Belasan lainnya pulang ke rumah karena merasa sudah sembuh. 

Ratna dan Kosiyah, dua warga Lumbirejo, menyebut mereka merasakan dampak makan mi ayam sepulang dari yasinan, dengan terus-menerus buang air besar, mual, dan kepala pusing. Untuk mengatasinya, mereka makan obat biasa yang dibeli di warung atau ke bidang. 

Karena juga membuat badan menjadi dingin, warga memeriksakan diri ke puskesmas. 

Hartono dan Umi Khotimah, petugas Puskesmas Roworejo, menyebut warga yang datang mencapai 49 orang. Seluruhnya mengeluhkan hal yang sama: mual, pusing, sering BAB, dan badan kedinginan.

Sobirin, Kepala Desa Lumbirejo, Negeri Katon, Pesawaran, mengatakan yasinan rutin dilakukan kaum ibu dan Jumat, 15 Juli 2022, berlangsung pada pukul 02.00 siang, dengan menu makanan mi ayam.

Sang Kepala Desa mengharapkan puluhan warganya yang dirawat dibebaskan dari biaya pengobatan, baik di Puskesmas atau RSUD Pesawaran.

PIYAN AGUNG DAN IWANSYAH

0 komentar:

Posting Komentar