Jumat, 22 Juli 2022

Rumah Hajatan Pulang Haji Terbakar di Kenali, Lampung Barat

BELALAU (22/7/2022) -  Tiga buah rumah panggung terbakar di Pekon Kenali, Kecamatan Belalau, Lampung Barat, pukul 09.30, Jumat, 22 Juli 2022. Salah satu di antaranya sedang ramai karena ibu-ibu di sana memasak untuk penyambutan pulang haji.

Api diduga berasal dari rumah Iwan Saputra, yang hendak melaksanakan hajatan penyambutan haji pada hari itu. Jilatannya,  kemudian, merembet ke rumah Mat Supardi dan Joni Irawan. Ketiganya berupa rumah panggung.

Begitu api mulai membara dari kompor ibu-ibu yang sedang memasak, warga masih sempat menyelamatkan sejumlah barang. Namun mereka kalah cepat, karena material rumah umumnya kayu.

Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi 10 menit kemudian. Salah satu damkar konsentrasi mematikan api di rumah milik Iwan Saputra, sedangkan yang lain mencegah tidak meluas ke rumah yang lainnya.

Selain mobil pemadam kebakaran dari UPT Kenali, Sukau, dan Belalau, warga sekitar juga bahu-membahu memadamkan api dengan manual.

Rustam, peratin Pekon Kenali, mengatakan api padam satu jam kemudian. Rumah milik Iwan Saputra dan Mat Supardi ludes terbakar atau tidak bisa dijadikan lagi tempat tinggal. Sedangkan rumah Joni Irawan hanya sebagian.

Peratin Pekon Kenali itu menyebut, untuk sementara, keluarga yang tinggal di rumah yang terbakar menumpang di rumah saudaranya. Ia menaksir kerugian mencapai 2 miliar rupiah.

LILIANA PARAMITA

0 komentar:

Posting Komentar