Jumat, 26 Agustus 2022

Petani Tulangbawang Adukan Pupuk Langka ke Ketua DPR

MENGGALA (26/8/2022) – Ketua DPR RI Puan Maharani menerima pengaduan petani Tulangbawang soal kelangkaan pupuk bersubsidi dan rendahnya harga singkong. Keluhan petani bakal diusulkan ke pemerintah agar pasokan pupuk dan harga singkong kembali normal.

Ketua DPR RI Puan Maharaniberkunjung ke Tulangbawang, Rabu 24 Agustus 2022. Ia didampingi sejumlah anggota DPR RI Dapil Lampung. Agenda kunjungan bertemu pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM), petambak Rawajitu, dan petani singkong Kelurahan Menggala Selatan, Kecamatan Menggala.

Petani mengadukan harga singkong hanya Rp1.650 per kilogram. Nilai ini tidak sesuai dengan biaya produksi dan masih ditambah potongan 30 persen. Petani berharap pemerintah dapat menaikkan harga singkong agar petani bisa menikmati hasil panen.

Puan Maharani juga menerima keluhan soal kelangkaan pupuk bersubsidi. Kekurangan pupuk mengakibatkan pertumbuhan tanaman terhambat dan hasil panen tidak normal. Petani singkong coba memanfaatkan pupuk organik dari kotoran kambing sampai pasokan pupuk bersubsidi mencukupi.

Bupati Tulangbawang Winarti menjelaskan kunjungan kerja Ketua DPR RI Puan Maharani dengan maksud bertemu pelaku UMKM, petambak, dan petani. Pertemuan ini merupakan kesempatan mendengar keluhan dan aspirasi secara langsung.

Puan Maharani berupaya memfasilitasi masalah kelangkaan pupuk dan harga singkong. Persoalan kelangkaan pupuk bersubsidi bakal disampaikan ke Komisi DPR RI dan Kementerian Pertanian agar pasokan kembali normal.

MAULANA IBRAHIM

0 komentar:

Posting Komentar