Kronologi SK Guru Wanita Lampung Tengah Dimutasi 100 KM

GUNUNGSUGIH (11/3/2023) -  Kepala BKPSDM Lampung Tengah Yudairi Hasan mengakui pihaknya telah mengeluarkan SK untuk Mursiyatun, guru wanita yang viral, karena meminta tolong ke Menteri dan Presiden tidak dipindah karena tak menghadiri Musda Muslimat NU Lampung Tengah.

Yudairi Hasan mengatakan, dalam bentuk PDF, SK tersebut, ia teruskan ke Dinas Pendidikan Lampung Tengah, hingga menyebar, dan sampai di tangan Mursiyatun.

Dalam rapat yang sama, Kamis, 9 Maret 2023, Sekretaris Dinas Pendidikan Lampung Tengah Yosfera, mengatakan pihaknya mengakui menerima usulan dari Camat Way Seputih untuk memutasikan Mursiyatun ke BKPSDM.

Camat Wayseputih Sahroni mengatakan ia menerima surat permintaan mutasi Mursiyatun dari enam kepala kampung pada 27 Januari 2023. Tiga hari kemudian, ia meminta guru wanita bertemu dengan Kadis Pendidikan di rumah dinas Bupati, tetapi tidak diindahkan.

Karena merasa sudah sering memanggil Mursiyatun dan tidak diindahkan, pada hari yang sama, sang Camat membuat surat ke Dinas Pendidikan Lampung Tengah untuk memutasikan guru wanita itu dari SMP Negeri 1 Way Seputih.

Surat diterima berbagai pihak pada bulan Februari.  Kepala Inspektorat Lampung Tengah Kusuma Riyadi mengatakan pihaknya menerima surat pengaduan soal Mursiyatun dari Camat tanggal 9.

Kepala Kampung Sanggarbuana Sarjono mengatakan ia ikut menandatangi surat permintaan mutasi Mursiyatun karena merasa tidak pernah dilibatkan dalam kegiatan yang dilakukan guru wanita itu. Ia mengakui diundang pada setiap acara, tetapi sebagai pemilik wilayah, ia menganggap hal itu tidak cukup.

Usai bertemu dengan Bupati, Jumat, 9 Maret 2023, Mursiyatun membantah dirinya terlibat dalam politik praktis.

Adapun Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad menyebut ia belum menandatangani SK Mutasi Mursiyatun dari SMPN 1 Way Seputih ke SMPN 1 Selagai Lingga, yang jaraknya mencapai 100 kilometer.

Musa Ahmad menyebut para kepala kampung dan camat membuat surat pengaduan karena melihat guru wanita itu juga menjadi Ketua Muslimat NU Kecamatan Way Seputih.

SIGIT SANTOSO

0 comments:

Posting Komentar