Jumat, 09 April 2021

Beruang Mulai Masuk Sumber Jaya, Lampung Barat

SUMBER JAYA (9/4/2021) – Beruang mulai masuk Kabupaten Lampung Barat. Sejak menjadi permukiman, baru dua bulan ini, herlactos malayanus jenis madu itu masuk ke Simpang Sari, Sumber Jaya, yang masih berjarak 4 KM dari Kawasan Bukit Barisan.

Sama dengan jenis beruang madu yang ditangkap di Bengkulu beberapa waktu lalu, binatang dari familia Ursidae itu setinggi minimal 100 meter dan berat antara 80 hingga 100 kg. Hampir seluruh tubuhnya hitam, kecuali moncong dan dada.

Rusman, warga sekitar, mengatakan ia bertatap muka langsung dengan beruang. Melihat sinar matanya, mereka sekeluarga memilih mengunci pintu kamar. Menjelang subuh mereka baru mengetahui binatang itu menyasar kandang kambing dan mengangkutnya 1 ekor.

Sugiman, juga warga Simpang Sari, menyebut beruang datang rata-rata pukul 01.00 hingga 02.00 dinihari. Selain mencari binatang piaraan, mulai berani masuk ke dalam rumah, menghabisi gula atau minyak makan di dapur.

Peratin Simpang Sari Harun Kohar pun meminta warga siaga I dengan ronda tiap malam, tidak ke kebun sendirian, dan sudah pulang dari hutan maksimal pukul 15.00 sore. Dalam bulan April, ia mengakui warga sudah kehilangan 5 kambing, belum termasuk binatang piaraan kecil, seperti ayam.

Camat Sumber Jaya Ernawati mengatakan BKSDA DAN WCS sudah memantau dan menganalisis kedatangan beruang di kawasan itu. Sejak 2 hari lalu, petugas memasang perangkap, tetapi belum menghasilkan beruang.

LILIANA PARAMITA

0 komentar:

Posting Komentar