Jumat, 10 Desember 2021

Banjir Rendam Puluhan Rumah di Mulyoasri Lampung Timur

BUMIAGUNG (10/12/2021) - Puluhan rumah terendam di Mulyo Asri, Bumi Agung, Lampung Timur sejak pukul 20.00 malam Jumat dan belum surut hingga siang harinya, Jumat, 10 Desember 2021. Banjir juga menenggelamkan puluhan hektare sawah dan membobol belasan kolam ikan.

Hingga selepas shalat Jumat, jalan yang melewati Mulyo Asri ditutup, terutama jalur Nyampir ke arah Donomulyo, dan dialihkan lewat jalan yang lain. Sejak pagi banyak kendaraan terjebak dan terpaksa putar balik.

Intensitas hujan begitu tinggi di kawasan sekitar dalam dua hari terakhir. Sungai meluapkan air ke permukiman warga. Saat malam hari, ketinggian mencapai setengah hingga satu meter, surut hingga ketinggian semata kaki dan selutut pada siang hari.

Belum ada warga yang mengungsi, seperti terjadi pada saat banjir pada Tahun 2017. Namun kebanyakan warga sudah mengamankan barang-barang elektronik dan memindahkan hewan piaraannya ke tempat yang aman.

Danang, warga sekitar, mengkhawatirkan genangan air bertambah jika hujan terus-menerus turun. Ia melihat sungai di daerah sekitar tidak mampu lagi menampung debit air kiriman dari daerah yang lain.

Kepala Desa Mulyo Asri Suyitno mengatakan rumah terendam mencapai 41 rumah. Banjir juga merendam puluhan hektare sawah dan diperkirakan tidak mungkin panen, membobol pula belasan kolam ikan.

Suyitno mengharapkan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur segera menormalisasi sungai di daerah sekitar agar kawasan tersebut tidak terus-menerus menjadi langganan banjir pada musim hujan, terutama pada bulan Desember.

FAHROZI NAZAM

0 komentar:

Posting Komentar