Kamis, 30 Desember 2021

Buaya Nyasar ke Dermaga Nelayan Kotaagung, Tanggamus

KOTAAGUNG (29/12/2021) -  Buaya sepanjang dua meter menjadi tontonan warga Kotaagung di Dermaga 1 Ibukota Kabupaten Tanggamus tersebut, Rabu Sore, 29 November 2021.  Binatang melata itu hilir mudik dan tidak beranjak pergi meski disorak sorai.

Muncul usai Zuhur dan mempertontonkan diri seperti ikan bukan pemangsa, kabar buaya pun dengan cepat menyebar. Ratusan warga datang menonton. Ada yang meneriakinya, melemparinya, atau mengamati gerak-geriknya.

Buaya sepanjang dua meter tersebut diperkirakan berasal dari muara. Mereka biasanya melahap ikan di bagian tengah dan arah rawa. Namun kali ini menyasar ke dermaga dan tempat perahu nelayan ditambat.

Tidak sedikit dari warga yang datang terdiri dari anak-anak. Mereka bersemangat karena menganggapnya sebagai tontonan sore hari. 

Anto, pedagang ikan di Dermaga 1 Kotaagung, mengatakan ia sempat lama melihat buaya berkeliling di sekitar dermaga, Pria berusia 30-an itu memperkirakan panjangnya setidaknya dua meter. 

Warga Kotaagung tersebut mengharapkan petugas BKSDA i menangkap dan menangkarnya. Sepanjang binatang melata ada di sekitar dermaga, warga, terutama nelayan,  ketakutan dan was-was beraktivitas.

Karena terus ramai, peugas dari Polsek Kotaagung terpaksa meminta warga, terutama anak-anak, pulang ke rumah. Mereka mengkhawatirkan ada anak yang tidak bisa mengontrol diri, karena rata-rata selfie dan mengambil video.

Kapolsek Kota Agung AKP Sugeng Sumanto mengatakan jumlah buaya yang datang ke Dermaga 1 hanya satu.  Pihaknya sudah berkoordinasi dengan BKSDA untuk menangkap buaya tersebut karena dapat meresahkan warga.

AKP Sugeng dan petugas Polsek berpatroli dengan jalan kaki melihat suasana di dermaga, sambil merayu anak-anak pulang ke rumah.

HARDI SUPRAPTO

1 komentar: