Jumat, 22 April 2022

Arus Penyeberangan Merak - Bakauheni Mulai Padat

BAKAUHENI (21/4/2022) -  Lebaran masih sepuluh hari lagi, namun kepadatan arus penyeberangan masuk dan keluar dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, mulai terasa, Kamis 21 April 2022.

Tidak seperti dalam dua tahun terakhir, kendaraan truk mulai padat memasuki pelabuhan menuju Jawa. Kendaraan pribadi dan traveL juga mulai banyak. Para penumpang memilih mudik lebih awal untuk menghindari penumpukan di minggu terakhir jelang Lebaran.

Para penumpang mudik lebih awal umumnya terjadi dari Sumatera ke Jawa. Sutrisno, misalnya, memilih lebih cepat dari Medan ke Sragen agar nyaman membawa keluarga.  Apalagi ia sudah tiga tahun tidak pulang.

Sedangkan Eti, yang mudik dari Payakumbuh ke Solo menyebut ia mudik lebih awal untuk menjaga tidak stress di jalan. Wanita ini menyebut mudik setiap tahun dan melakukannya jauh hari sebelum Lebaran.

Suharto, Manajer PT ASDP Pelabuhan Bakauheni, mengatakan pihaknya sudah siap menyambut warga yang hendak mudik atau liburan Lebaran pada Tahun 2022. 

Untuk kapal, PT ASDP memiliki 71 armada, meskipun yang operasional sehari-hari baru 35. Dermaga tetap 7, salah satu di antaranya eksekutif.  Pintu masuk penumpang ditambah dari 18 menjadi 23. Toll gate untuk kendaraan roda empat ditambah dari 17 menjadi 25. Khusus roda dua, ditambah dari 4 menjadi 10.

Khusus menghindari penumpukan kendaraan masuk toll gate, Suharto menyebut sudah bekerja sama dengan Polda Lampung dan Polres Lampung Selatan, mengatur mulai KM 20 dan KM 20. Akan ada juga rekayasa lalu lintas ke arah Way Apus dan Simpang Pasar, jika lalu lintas tidak terkendali.

Manajer PT ASDP Bakauheni itu menyebut pihaknya juga sudah membuat jalur khusus penumpang yang belum memiliki persyaratan lengkap, seperti belum booster atau harus mengurus surat swab antigen.

ROY SHANDI 

0 komentar:

Posting Komentar