Senin, 11 Juli 2022

Arus Balik Mudik Idul Adha di Bakauheni Ramai Jelang Dinihari

BAKAUHENI (11/7/2022) -  Arus balik mudik Idul Adha di Bakauheni ramai dari tengah malam hingga jelang Senin Dinihari, 11 Juli 2022. Arus kendaraan masuk ke Pelabuhan bahkan sempat macet selama 1 jam, namun kembali terurai.

Keramaian arus balik mudik pada Malam dan Senin dinihari diduga terjadi karena warga masih berlebaran haji di kampung halamannya hingga sore hari, lalu mengejar waktu bekerja besok harinya di Jakarta, Tangerang, atau daerah sekitarnya.

Sejumlah pengemudi kendaraan dari Terbanggi Besar dan Kotabaru mengatakan keramaian sudah terasa di Jalan Tol Trans Sumatera. Umumnya didominasi kendaraan pribadi berpelat luar Provinsi Lampung.

Kepadatan kendaraan hendak menyeberang sudah tampak dari sore khusus untuk pengendara yang memilih dermaga eksekutif. Mereka memilih antre menunggu kapal datang karena merasa lebih nyaman dan ingin istirahat selama menyeberang ke Merak.

Mulai pukul 23.00 malam, kendaraan yang masuk pelabuhan diramaikan bus, yang datang dari arah Bandarlampung, Palembang, atau daerah lainnya di Sumatera. Mereka umumnya antre masuk ke dalam kapal.

Masuknya truk menjelang dinihari membuat keramaian di hampir seluruh terminal penyeberangan di Bakauheni bertambah. Mereka umumnya tertahan sejam dua jam karena petugas memprioritaskan bus dan kendaraan pribadi.

Padatnya kendaraan arus balik mudik Idhul Adha membuat  pengendara yang rutin menyeberangi Selat Sunda kaget. Komang, pengendara angkutan sayur dari Kalianda ke Kramat Jati, Jakarta, menngatakan  Ia tidak mengira banyak juga warga yang pulang berlebaran haji.

Tidak seperti Lebaran Idul Fitri, arus balik mudik Hari Raya Idul Adha untuk penumpang pejalan kaki tidak terlalu ramai. Sejak sore, malam, dan menjelang Dinihari, tak ada kepadatan di terminal penumpang dan lorong masuk kapal.

Keramaian arus balik pada malam Minggu dan Senin Dinihari sebelumnya sudah diprediksi Kementerian Perhubungan dan PT ASDP Bakauheni, karena arus mudik dari Merak meningkat pada Kamis. Jumat, dan Sabtu, 7 hingga 9 Juli 2022.

Sigit Mintarso, Kepala BPTD Bengkulu Lampung, dan GM ASDP Bakauheni Suharto , Sabtu, 9 Juli 2022, mengatakan pihaknya tidak mengkhawatirkan penumpukan karena peningkatan arus mudik dari Merak hanya sekitar 10 persen dan mereka menyiapkan 60 kapal roro untuk melayaninya.

ROY SHANDI

0 komentar:

Posting Komentar