Senin, 18 Juli 2022

Wabup Lampung Utara Buka Masa Orientasi Sekolah

KOTABUMI (18/7/2022) – Wakil Bupati Lampung Utara Ardian Saputra menjadi inspektur upacara di SMP Negeri 1 Abung Selatan, Jalan Raya Kalibalangan, Senin 18 Juli 2022. Agenda ini sekaligus pembukaan masa orientasi siswa baru tahun ajaran 2022/2023.

Masa orientasi siswa baru atau pengenalan sekolah sempat terhambat dua tahun akibat pandemi covid-19. Lampung Utara kembali menyelengarakan pembelajaran tatap muka atau PTM 100 persen.

Upacara dan pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru diadakan secara simbolis melalui upacara di SMP Negeri 1 Abung Selatan. Acara dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara Mat Soleh beserta rombongan dan seluruh kepala SMP negeri Lampung Utara.

Wakil Bupati Lampung Utara Ardian Saputra berpesan kepada seluruh siswa-siswi agar tetap semangat bersekolah karena masa depan bangsa ini berada di tangan generasi penerus.

Walaupun kegiatan belajar mengajar sudah berlangsung normal, dewan guru dan siswa diimbau tetap menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker dan mencuci tangan. Protokol kesehatan mencakup 5M termasuk menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Setelah menyampaikan sambutan, Wakil Bupati Ardian Saputra langsung membuka masa orientasi siswa baru dan menyerahkan kalung secara simbolis kepada siswa baru SMP Negeri 1 Abung Selatan.

Sambil bercengkerama, berbaur dan berfoto bersama siswa-siswi dan dewan guru, Wakil Bupati Ardian Saputra memberikan semangat dan motivasi demi peningkatan prestasi bidang pendidikan.

Ardian Saputra mengungkap masuknya era digital tidak bisa di hindari. Orang tua dan guru harus tetap memantau anak-anak supaya tidak melenceng ke arah negatif. Anak-anak wajib dibimbing menjadi generasi berkualitas.

Padahal, banyak hal positif dalam penggunaan digital, namun juga tidak bisa dipungkiri terdapat hal negatif. Kondisi ini membutuhkan pengawasan orangtua dan sekolah dalam penggunakan handphone. Alat komunikasi tersebut bisa menjadi pintu masuk kenakalan remaja.

Dalam mencegah tidakan negatif penggunaan teknologi digital, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mat Saleh sudah bekerjasama dengan kepolisian untuk mengantisipasi kenakalan pelajar di bawah umur.

Era digital dalam dunia pendidikan menghasilkan berbagai inovasi baru guna menunjang proses pembelajaran. Dunia pendidikan dituntut menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap peningkatan mutu pendidikan.

Teknologi digital juga bermanfaat terhadap pendidikan dan peserta didik dalam mencari, mengumpulkan, mendokumentasikan, mengolah dan mentransfer kembali bahan ajar sesuai dengan kebutuhan. Era digital dapat memotivasi belajar tidak monoton pada teks tetapi lebih kreatif menggunakan gambar, audio, video, dan animasi.

Kemajuan teknologi dan informasi sudah dirasakan seluruh lapisan masyarakat, baik segi positif maupun negatif. Akses informasi dan teknologi sangat mudah atau terjangkau berbagai kalangan termasuk para siswa.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara bersama kepolisian serta orangtua atau wali murid mengimbau para siswa menghindari kenakalan remaja. Imbauan disampaikan melalui upacara rutin. Kenakalan remaja mudah berdampak pelanggaran hukum.

Penerima siswa baru SMP tahun ajaran 2022/2023 mencatat kenaikan lima hingga 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

ADI SUSANTO

0 komentar:

Posting Komentar