Kamis, 04 Agustus 2022

24 Ternak Kena PMK, 4 Ekor Mati di Menggala Tulangbawang

MENGGALA (4/8/2022) – Penyakit mulut dan kuku (PMK) menyerang puluhan ekor ternak di Kelurahan Menggala Selatan, Kecamatan Menggala, Tulangbawang, Kamis 4 Agustus 2022. Peternak melakukan pengobatan dan penyemprotan kandang, namun empat ekor di antaranya mati.

Penyakit mulut dan kuku merebak di Menggala Selatan sejak dua pekan lalu. Seorang peternak, Efredi, menghitung 24 ternak sudah terjangkit masing-masing 16 ekor kerbau dan enam ekor sapi. Penyakit menyerang kuku kaki belakang sampai pecah, mulut berbusa, dan nafsu makan berkurang.

Peternak bergegas mengobati sapi dan kerbau dengan obat-obatan tradisional dan penyemprotan kandang dengan disinfektan. Upaya pengobatan belum maksimal. Empat ternak diketahui mati pada keesokan hari.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Tulangbawang Nasib Subagio mengatakan beberapa tempat terindikasi terjangkit penyakit mulut dan kuku sudah diperiksa. Petugas juga mengambil sampel ternak terduga kena penyakit untuk uji laboratorium.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tulangbawang mengimbau peternak segera memisahkan sapi dan kerbau terindikasi sakit mulut dan kuku agar tidak menularkan penyakit ke ternak lainnya.

Pemeriksaan dokter hewan Tulangbawang menemukan kasus penyakit mulut dan kuku sejak Mei lalu. Lima ekor sapi milik warga Indah Jaya, Kecamatan Banjaragung, positif PMK. Lokasi kandang kelima sapi berdekatan.

MAULANA IBRAHIM

0 komentar:

Posting Komentar