Sabtu, 06 Agustus 2022

Jeruk Pesagi, Jeruk Manis dari Sukau, Lampung Barat

SUKAU (6/8/2022) -  Para netizen menyebutnya jeruk pesagi. Sang pemilik melengkapi namanya dengan jeruk sunkist gold pesagi, karena bibitnya berasal dari sunkist Thailand, lalu ditanam di kawasan Gunung Pesagi, Pekon Hanakau, Sukau, Lampung Barat.

Berjarak tempuh sekitar 15 menit dari Liwa, ibu kota, Lampung Barat, luas kebun mencapai 1 hektare, dan dengan 350 pohon, menghasilkan tiga ton jeruk pada setiap panen.

Mulai populer lewat media sosial, jeruk pesagi berbeda dengan rasa Sunkist Thailand. Manis dan asam bercampur jadi satu, hingga lidah terasa segar usai memakannya.

Putri, salah seorang pengunjung pada Sabtu, 6 Agustus 2022, menyebut datang ke kebun tersebut karena penasaran ingin melihatnya langsung, setelah membaca sebarannya di media sosial.

Yuli, petani jeruk sunkist gold pesagi mengatakan kebun jeruk dimulai dua tahun lalu karena daerah sekitar cocok untuk tanaman sejenis. Hasilnya tidak mengecewakan, ratusan batang tumbuh dengan lebat.

Karena banyak yang menyebarkan lewat media sosial, Yuli menyebut kebun jeruknya sering dikunjungi pada musim libur. Ia menjualnya dengan harga 30 ribu rupiah perkilogram di lokasi.

LILIANA PARAMITA 

0 komentar:

Posting Komentar