Longsor Dini Hari Lumpuhkan Jalinbar Lampung-Bengkulu

LEMONG (27/2/2023) – Hujan deras memicu longsor di Jalan Lintas Barat Sumatera ruas Pekon Penengahan, Kecamatan Lemong, Pesisir Barat, Selasa dini hari 28 Februari 2023 pukul 03.00 WIB. Material longsoran menutup jalan sehingga arus lalu-lintas Lampung-Bengkulu macet total.

Bus Satria Antar Nusa prtama kali menemukan longsor ketika melaju dini hari dari Bengkulu menuju Lampung dan Jakarta. Pengemudi bus melapor ke Polsek Pesisir Utara hingga ditindak lanjuti dengan pengamanan petugas di lapangan.

Kapolsek Pesisir Utara AKP Heri Oktarino bersama sejumlah anggota mengamankan lokasi sekaligus berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan BPBD Pesisir Barat. Petugas mengawasi kemacetan total arus kendaraan dua arah.

Koordinasi sejak pukul 06.30 WIB memutuskan pembersihan material longsor. Ekskavator sudah berada di lokasi tetapi operator dalam perjalanan karena baru memperbaiki kerusakan jalan lintas Liwa-Krui. Ekskavator mulai menyingkirkan material dari badan jalan pukul 08.00 dan diperkirakan selesai pukul 10.00 hingga 11.00 WIB.

AKP Heri Oktarino mengatakan pembersihan material longsor hanya terkendala ketidaksiapan operator, Ekskavator sebenarnya selalu siaga tetapi operator tidak berada di tempat. Longsor kali ini masih berada satu titik dengan kejadian sebelumnya.

Kapolsek Pesisir Utara optimis pembersihan material longsor cepat selesai dengan volume sekitar panjang sekitar 10 meter dan tinggi 1,5 meter.  Aparat kepolisian mengupayakan kerjasama dengan pihak terkait mengingat kemacetan lalu-lintas Lampung-Bengkulu makin panjang.

YUAN ANDESTA


0 comments:

Posting Komentar