17 Rumah Tertimbun dan 5 Jembatan Putus di Lampung Barat

PAGARDEWA (9/3/2023) -  Setidaknya 17 rumah tertimbun tanah, 5 jembatan terputus, dan 6 titik jalan tertutup akibat banjir bandang dan longsor di enam pemangku di Pekon Sidomulyo, Kecamatan Pagardewa, Lampung Barat, Kamis, 9 Maret 2023.

Dalam video yang beredar di media sosial, kepanikan begitu terasa saat warga melewati bukit yang longsor dan melihat banjir bandang berwarna cokelat mengalir deras dari perbukitan melewati sungai di daerah sekitar.

Kepala BPBD Lampung Barat Padang Priyo Utomo mengatakan, dari kejauhan, tampak jelas beberapa lokasi yang longsor. Enam dari 11 pemangku di Pekon Sidomulyo terdampak. Dua jembatan permanen dan 3 jembatan kayu putus.

Priyo Utomo menyebut banjir bandang dan longsor terjadi pada pukul 08.23 pagi. Warga cepat-cepat mengungsikan diri, karena pada jam-jam itu mulai beraktivitas.

Melihat curah hujan yang masih tinggi, BPBD, Kodim, dan Polres Lampung Barat mengevakuasi warga di titik rawan yang longsor pada enam titik pengungsian. Hingga malam hari, setidaknya 53 kepala keluarga berlindung di sana.

Selain rumah, jembatan, dan jalan, Kepala BPBD memperkirakan setidaknya 100 hektare lahan pertanian dan perkebunan terdampak longsor tersebut.

LILIANA PARAMITA 

0 comments:

Posting Komentar