Banjir, Jalan dan Sawit Gedung Rejo Sakti, Tulangbawang

PENAWAR AJI (13/3/2023) - Ruas jalan dan kebun kelapa sawit di Kampung Gedung Rejo Sakti, Kecamatan penawar aji, Tulangbawang, banjir, Senin 13 maret 2023. Ketinggian air pada pagi hari mencapai 1 meter, surut hingga selutut pada siang hari.

Banyak dari para pengguna jalan menghentikan kendaraannya atau berputar balik mencari jalan alternatif lain, namun tidak sedikit juga yang nekat menerobos, terutama roda empat.

Khusus sepeda motor pengendara umumnya menyalakan mesin sambil berjalan. Mereka menunggingkan mesin dan kenalpon setelah tiba di tempat yang lebih tinggi.

Jalan yang kebanjiran merupakan akses penghubung dari Kecamatan Penawartama dan Gedung Aji Baru. Selain terendam banjir pada Senin, 13 Maret 2023, beberapa hari sebelumnya juga sudah tergenang.

Ratih, seorang warga dari Penawartama mengatakan ia sengaja putar balik karena khawatir motornya mogok. Ia pernah nekad melewatinya beberapa hari lalu, tetapi motor harus servis.

Selain jalanan, seluruh lahan sawit di dua kecamatan juga terendam banjir, dengan ketinggian dari sepaha hingga dua meter. 

Para petani tetap memanen sawit mereka dengan memakai perahu ke daerah yang lebih tinggi.

Suroto, seorang petani, mengatakan mereka terpaksa memanen sawit, karena jika terendam banjir mengakibatkan buahnya membusuk.

Batang sawit juga banyak membusuk jika banjir merendamnya berhari-hari.

MAULANA IBRAHIM 

0 comments:

Posting Komentar