Cuaca Ekstrim, Petani Cabai Tulangbawang Gagal Panen

PENAWAR AJI (11/3/2023) -  Curah Hujan tinggi juga membuat tanaman cabai di Gedung Harapan, Penawar Aji, Tulangbawang, gagal panen. Tanaman umumnya meranggas dan produksi buahnya juga cepat layu dan membusuk.

Kawasan Gedung Harapan, Penawar Aji, Tulangbawang, menjadi sentra tanaman cabai karena warga di sini menanam di lahan yang mencapai belasan hektare.

Suwito, salah seorang petani cabai di Gedung Harapan, mengatakan ia belum pernah melihat dampak cuaca ekstrim merusak tanaman cabai. Biasanya mereka gagal panen karena penyakit lain, yang bisa dibasmi dengan obat-obatan.

Petani cabai Tulangbawang itu memperkirakan separo lebih dari tanaman cabai yang mereka tanam gagal panen. Untuk yang masih berbuah, mereka memetiknya lebih cepat, karena khawatir menjadi layu dan membusuk.

Dengan kerugian yang ditaksir mencapai puluhan juta rupiah, Suwito mengharapkan Pemerintah memberikan saran kepada petani cabai untuk mengatasi dampak cuaca ekstrim, karena, selama ini, mereka belum pernah mengalaminya.

MAULANA IBRAHIM 

0 comments:

Posting Komentar