Giliran Dusun 5 Tanjung Tirto Lampung Timur Terendam Banjir

WAY BUNGUR (10/3/2023) -  Setelah daerah lain, giliran Dusun 5 Tanjung Tirto, Way Bungur, Lampung Timur, terendam banjir setinggi lutut hingga dua meter, Jumat, 10 Maret 2023. 

Seperti tahun dan musim hujan sebelumnya, banjir di Tanjung Tirto berasal dari luapan Way Bungur, yang berasal dari Sungai Sukadana dan Batanghari.

Kapolsek Way Bungur Iptu Riki Setiawan, usai berkeliling ke rumah warga yang tergenang bersama Danramil Lettu Arm. J. Sigit, mengatakan setidaknya 30 rumah terendam. Ia melihat ketinggian air masih terus naik, karena kiriman air dari luar kecamatan masih datang.

Iptu Riki Setiawan mengatakan setidaknya 70 hektare sawah juga terendam air. Persawahan di Way Bungur berubah menjadi sungai. Sejumlah petani panen lebih awal karena khawatir tanamannya membusuk dan fuso,

Meskipun sudah biasa, Subakrik, warga Dusun 5, Tanjung Tirto melihat banjir Tahun 2023 lebih cepat dari biasanya. Dalam sehari air sudah ada di mana-mana, dengan ketinggian selutut hingga dua meter. Biasanya berproses selama dua hingga tiga hari.

Jika sudah banjir,  Subakrik mengatakan aktivitas warga pun terhenti. Biaya perjalanan melewati Way Bungur ke Kali Pasir menjadi dua kali lipat, karena mesti naik perahu dua kali.

MUHAMMAD FARID

0 comments:

Posting Komentar