Siang Bolong, Petugas Geledah Lapas dan Rutan Kotabumi

KOTABUMI (17/3/2023) – Petugas gabungan merazia kamar blok tahanan Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Kotabumi pada siang bolong, Jumat 17 Maret 2023. Razia bertujuan bersih-bersih barang terlarang terutama narkoba dan handphone.

Penggeledahan blok tahanan melibatkan petugas gabungan Satresnarkoba Polres Lampung Utara dan BNNK Waykanan. Petugas memeriksa seluruh barang di kamar hunian dengan teliti. Narapidana dan tahanan rupanya menyimpan berbagai jenis barang atau benda seharusnya tidak boleh masuk kamar.

Razia mengamankan korek api, ikat pinggang, asbak, kawat, kaleng, botol parfum, kaleng produk dan minuman penyegar. Aga juga sikat gigi, kartu  remi, kartu domino, pencukur kumis, gelas dan sendok. Barang-barang ini tergolong benda berbahaya dan bisa disalahgunakan menjadi senjata tajam. Petugas tidak menemukan narkoba dan handphone.

Sementara kamar hunian digeledah, narapidana, tahanan, dan bahkan pegawai lapas menjalani tes urine. Tes ini sebagai bentuk pencegahan dan deteksi dini penyalahgunaan maupun peredaran narkoba.

Kepala BNNK Waykanan Dwi Nurmawaty, Jumat 17 Maret 2023, mengatakan penggeledahan lapas dan Rutan Kotabumi dalam rangka bersih-bersih menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 pada 27 April mendatang.

Kalapas Kotabumi Syaroni Ali mengatakan razia gabungan bersama BNN dan Satresnarkoba Polres Lampung Utara sebagai bentuk pemberantasan narkoba. Petugas menemukan berbagai jenis barang berupa logam. Barang-barang tersebut segera dimusnahkan karena membahayakan penghuni.

Karutan Kotabumi Mukhlisin Fardi membenarkan razia gabungan dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan. Razia disusul sosialisasi tentang rehabilitasi menuju Rutan Kotabumi bersih narkoba. Sejumlah pegawai rutan maupun tahanan dites urine secara acak.

ADI SUSANTO

0 comments:

Posting Komentar