Penyeberangan Selat Sunda Biasa-Biasa Jelang Ramadhan

BAKAUHENI (2/4/2022) -  Jumlah warga menyeberang dari Bakauheni atau sebaliknya dari Merak biasa-biasa saja dalam sepekan terakhir menjelang Ramadhan 1443 Hijriyah. Rata-rata penumpang dari arah Sumatera 21 ribuan orang sehari, sedangkan dari Jawa 25 ribu per hari.

Jumlah kendaraan dari Bakauheni rata-rata 6.400-an sehari. Sedangkan dari Merak 6.650-an per hari. Jumlah terbanyak jenis truk, rata-rata 3.175 per hari, disusul roda empat 2.765 perhari, roda dua  478, dan bus 232 unit perhari.

Kalaupun ada lonjakan penumpang terjadi dari Pelabuhan Bakauheni terjadi pada 27 Maret dengan 29 ribuan penumpang atau meningkat delapan ribuan dalam sehari. Sedangkan dari Merak jumlah penumpang meningkat menjadi 30 ribuan pada 25 dan 26 Maret.

Suasana arus penyeberangan dari Bakauheni, Sabtu 2 April 2022, sehari sebelum Ramadhan, lebih ramai sedikit dari hari-hari biasanya di siang hari. Namun dermaga penumpang masih biasa-biasa. Antrean hanya terlihat di gang menuju masuk kapal, karena menunggu fery sandar.

Penumpang dari Merak yang tiba di  Bakauheni pada Sabtu 2 April 2022 juga normal. Keramaian terjadi hanya saat kapal menurunkan kendaraan dan penumpang. Tidak ada kepadatan saat turun dan di terminal.

Humas Pelabuhan Bakauheni Saifulahil Maslul Harahap, lewat telepon, mengatakan ia tidak melihat lonjakan penumpang menjelang Ramadhan, jika melihat data-data yang setiap hari dihimpun oleh petugas terkait.

ROY SHANDI

0 comments:

Posting Komentar