Kamis, 05 Mei 2022

Sebagian Pemudik Pilih Menyeberang lewat Pelabuhan Panjang

BANDARLAMPUNG (5/5/2022) -  Suasana sekitar Panjang, Bandarlampung, berubah menjadi ramai, Kamis 5 Mei 2022, setelah Pemerintah memutuskan mengalihkan sebagian kendaraan yang hendak menyeberang dari Sumatera ke Jawa lewat pelabuhan internasional itu sehari sebelumnya.

Satu per satu mobil pribadi dan sepeda motor menaik kapal di Pelabuhan Panjang. Mereka akan mendarat di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, dengan lama perjalanan maksimal tiga setengah jam.

Karena baru mulai sejak Rabu, 4 Mei 2022, sepeda motor dan roda empat yang menyeberang ke Pulau Jawa lewat Pelabuhan Panjang masih sepi. Sebagian mengetahuinya lewat media sosial, namum umumnya karena diarahkan di jalan keluar dari Bandarlampung.

Gilang, salah seorang pemudik, mengatakan ia mengetahui kendaraan diarahkan ke Pelabuhan Panjang lewat Instagram. Pria itu memilih tidak ke Bakauheni lagi untuk menghemat tenaga dan bisa istirahat selama tiga setengah jam di kapal.

Warga asal Pringsewu itu mengatakan ia membayar 75 ribu untuk menyeberangkan sepeda motornya. Selain membayar tiket sesuai harga PT ASDP di Bakauheni, pemudik dibebankan biaya masuk pelabuhan.

Sesuai tertera di Ferizi, tarif tiket sepeda motor lewat Pelabuhan regular di  Bakauheni 54.500 rupiah, pejalan kaki 19.500 rupiah, mobil pribadi 419 ribu rupiah.

Sedangkan tarif kapal ekspres di Bakauheni terdiri dari pejalan kaki 65 ribu, sepeda motor 98 ribu, dan mobil pribadi 588 ribu.

Hendri Ginting, kepala KSOP Kelas I Panjang, Kamis 5 Mei 2022, mengatakan sejak melayani pemudik sehari sebelumnya, kendaraan yang melewati pelabuhan tersebut masih sepi.  Pada Rabu, 4 Mei 2022, roda empat masih 5 dan sepeda motor 32. Namun mereka mengangkut 6.000 truk dari Merak.

Kepala KSOP Kelas I Panjang itu menyebut pihaknya menyediakan tiga kapal. Seluruh tiket diatur oleh petugas ASDP, dengan memberlakukan aturan Ferizi, tetapi juga bisa online dan manual.

Hendri Ginting memprediksi puncak kendaraan masuk lewat Pelabuhan Panjang akan berlansung pada Sabtu dan Minggu, 6-7 Mei 2022.

MAULANA IBRAHIM

0 komentar:

Posting Komentar